Urutan Generasi Prosesor Intel dan Keterangannya




Hai semua, bagaimana libur kalian? Seru banget atau biasa aja? Tapi yang pasti libur kalian sangat singkat bukan? Tapi tenang, kalian tidak sendiri kok yang liburnya singkat. Disini TS juga liburnya sangat singkat.
Ohh iya, kalo di pos kemaren ada tentang perkembangan prosesor di 2017, kali ini saya akan ngepost tentang urutan generasi prosesor dari Inte Core-I series .Sepertti yang kita tau, Intel I Series termasuk dalam prosesor yang sering dipakai di masyarakat. Kualitas dari intel core I series juga tidak diragukan lagi. Tapi apakah kalian tau tentang generasi Intel core I series? Jika belum maka akan ts beri urutan dan penjelasannya berikut urutannya :

1. Nehalem
2. Sandy Bridge
3. Ivy bridge
4. Haswell
5. Broadwell
6. Sky Lake
7. Kaby Lake
8. Coffee Lake
9. ??????? Diakhir Post akan diberi Spoiler  😊





1. Nehalem

Generaasi ini adalah generasi pertama dari Intel Core I Series

Ada perubahan dari seri pendahulunya yaitu penggabungan komponen ke dalam chip prosesor Controller RAM DDR3 langsung dari prosesor. Selain itu Nehalem ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 45 nm. Jadi maklum lah kalo generasi Nehalem ini terasa agak lambat karena memang sudah terlalu tua. (TS juga pakai laptop dengan Generasi Nehalem)


Gambar stiker generasi pertama

2. Sandy Bridge

Pada tahun 2011 diluncurkan generasi ke-2 untuk Intel Core yaitu Arsitektur Sandy Bridge. Teknologi Sandy BridgeSudah suport dengan teknik fabrikasi 32 nm dan salah satu fitur barunya adalah adanya vga di prosesor ini. Kalo di AMD mungkin namanya APU atau Fusion

Selain itu ini juga menggunakan daya yang lebih efisien


Gambar stiker generasi kedua

3. Ivy Bridge

Generasi ke-3 dari Intel Core adalah arsitektur Ivy Bridge yang merupakan generasi "Tock" dari Sandy Bridge. Perubahan mendasar pada teknologi ini adalah penggunaan fabrikasi 22 nm sehingga efisiansi daya listrik jauh lebih besar dari yang sebelumnya. Pada arsitektur ini juga Intel menambahkan dukungan untuk USB 3.0 dan PCI Express 3.0.

Prosesor Ivy Bridge bias dipake pada motherboard untuk Sandy Bridge (LGA 1155) namun fitur seperti USB 3.0 tidak akan berfungsi karena keterbatasan dukungan chipset dari motherboard tersebut.

Gambar stiker generasi ketiga

4. Haswell

Haswell adalah procesor Intel generasi ke-4 yang diluncurkan pada tahun 2013, memiliki fitur baru internal VGA (GPU) lebih cepat. prosesor Sandy Bridge cuma dibuat sampai 3.3-3.4Ghz saja. Sedangkan Ivy Bridge dan Haswell berada di atas 3.4Ghz.

Prosesor ini punya soket yang berbeda dari yang sebelunya. Jadi jika ingin upgrade dari generasi sebelumnya harus membeli motherboard baru. Haswell memiliki internal grafik/VGA lebih baik dari Ivy Bridge, namun masih jauh dibawah eksternal VGA. Selain itu, arsitektur ini masih menggunakan fabrikasi yang sama dengan Ivy Bridge yaitu 22 nm.



Gambar stiker generasi keempat

5. Broadwell

Diresmikan pada tahun 2014, Broadwell adalah arsitektur generasi ke-5. Broadwell merupakan generasi "Tick" dari Haswell, dimana memiliki fabrikasi 14 nm. Dengan mengecilnya “penampang” pada Intel generasi 5 ini,membuat konsumsi daya makin kecil. Namun memliki performa yang lebih baik 5-20% dari generasi sebelumnya. Sama dengan Haswell, Broadwell menggunakan socket LGA 1150 dan LGA 2011-v3.
Gambar stiker generasi kelima

6. Skylake

Intel resmi meluncurkan prosesor Core-i generasi ke-6 pada September 2015. Sama seperti arsitektur sebelumnya, Skylake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Ada teknologi  baru dari prosesor ini, dengan teknologi yang dinamakan "speed shift" memungkinkan prosesor untuk bekerja lebih cepat tapi juga menghemat daya. Skylake menigkatkan performa hingga 50% dari generasi sebelumnya dan menghemat streaming video 4K. 

Skylake juga mendukung RAM dengan jenis DDR4 (frekuensi sampai 2133 MHz) dan juga DDR3 (frekuensi 1600 MHz). Yang lebih kerennya lagi baru-baru ini diluncurkan Intel Core i9 yang disematkan di arsitektur ini, Intel juga mengeluarkan Intel Core seri m (m3, m5, m7) untuk Skylake.


Gambar stiker generasi keenam

7. Kaby Lake

Intel generasi ke-7 ini diluncurkan secara resmi pada Agustus 2016. Sama seperti 2 generasi sebelumnya, Kaby Lake menggunakan teknologi fabrikasi 14 nm. Performanya meningkat sekitar 12% jika dibandingkan dengan Skylake.

Intel Core Generasi ke-7 ini dapat menciptakan pengalaman multimedia yang maksimal. Pengguna dapat merasakan peningkatan grafis dalam bermain game populer dan paling baru, dan menjalankan video 4K dengan lancar tanpa mengalami penurunan fps.

Hadirnya prosesor Kaby Lake juga menandai persaingan yang akan berjalan ketat antara Intel dan AMD, yang akhirnya mengeluarkan prosesor andalannya yang bernama AMD Ryzen Series.


Gambar stiker generasi ketujuh

8. Coffee Lake

Coffee lake resmi diluncurkan pada Oktober 2017. Ini merupakan PAO (Process-Architecture-Optimization) dari Kaby Lake. Masih sama, Coffee Lake memakai teknologi fabrikasi 14 nm, namun pada versi mobile generasi ke-8 sudah menggunakan fabrikasi 10 nm. Performa tentunya meningkat dibandingkan generasi pendahulunya.

Salah satu keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya adalah jumlah core yang meningkat. Contohnya Core i3, yang sebelumnya hanya punya dua inti, kini menjadi empat inti. Sementara untuk Core i5 kini mempunyai enam 6, dan Core i7 juga punya enam inti dengan dukungan hyperthreading.


Gambar stiker generasi kedelapan

9. ????????

Generasi terbaru ini masih belum secara resmi diluncurkan, tetapi masih dalam tahap uji coba. Dan masih belum terlalu sempurna. Menurut website resminya, Intel akan menamai generasi ini dengan nama Canon Lake atau Ice Lake. Ts sendiri juga belum yakin mana yang akan keluar duluan.

Tapi menurut penelusuran yang ts lakukan kemungkinan besar yang keluar duluan adalah yang Canon Lake lalu setelah itu  Ice Lake. Ada kemungkinan lain yaitu Canon Lake adalah versi refresh dari kaby Lake atau versi terbaru Kaby Lake namun masih masuk dalam generasi Kaby Lake

Yah kita tunggu saja peluncuran resminya dari intel



Nah, bagaimana sudah tau kan sekarang urutan macam macam generasi prosesor intel ? mulai dari yang paling tua sampai yang mau keluar sudah kita bicarakan. Sekarang saat nya ts pamit undur diri dan sampai jumpa di postingan selanjutnya. Good bye 😊

Penulis dan Original Post :  Silvanus Prihantono
    Editor                           :  Silvanus Prihantono


Komentar

  1. Untuk generasi ke-7 socket yg digunakan brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. LGA 2066, LGA 1151
      beday cuma yang 2066 itu khusus seri
      Intel® Core™ X-series Processors
      kalau yang 1151 bisa semua processor dari celeron - i7
      untuk i9 masih belum tau saya socketnya

      Hapus
    2. original post http://xasux.blogspot.com/2018/02/urutan-generasi-prosesor-intel-dan.html

      Hapus
  2. Untuk generasi ke-7 socket yg digunakan brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. LGA 2066, LGA 1151
      beday cuma yang 2066 itu khusus seri
      Intel® Core™ X-series Processors
      kalau yang 1151 bisa semua processor dari celeron - i7
      untuk i9 masih belum tau saya socketnya

      Hapus
    2. http://xasux.blogspot.com/2018/02/urutan-generasi-prosesor-intel-dan.html

      Hapus
  3. http://xasux.blogspot.com/2018/02/urutan-generasi-prosesor-intel-dan.html

    BalasHapus
  4. gan mohon pencerahan dan ditanggepi kalo Prosesor Intel N5000 itu termasuk generasi ke berapa soal nya saya cek kodenya Gemini Lake

    BalasHapus
  5. CPU N570 @1.66Ghz Mhz 2 core itu generasi keberapa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. generasi 1 [memang kalau cari generasi procie dibawah intel core agak susah]
      mending hafalin sticker intel dari generasi 1 sampai 9
      misal i5 4460 ooo bearti stikernya ini [yang hanswell]

      Hapus
    2. liat angka pertama jga bisa misal gan i5 (4)460 berarti gen ke4

      Hapus
  6. Apakah bisa diupgrade dari gen 3 jadi gen 8? Sy pakai dell presisi 4700m

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. ehh maaf,itu socket komputer.saya kurang tahu kalo socket laptop,saya lebih prefer ke pc

      Hapus
    3. Tidak bisa, karena setau saya tiap generasi punya socket tersendiri tp walaupun ada beberapa generasi dgn generasi sebelumnya punya socket yang sama tp penggunaan daya dll itu berbeda makanya tidak akan berhasil kalau mau paksain pasang gen baru ke gen lama, kecuali untuk sama gennya bakal worth it contohnya saya ingin pasang procie core i7 haswell laptop procie core i3 haswell tp satu generasi

      Hapus
    4. gak bisa, gen 4 5 6 socket 1150, gen 7 8 socket 1151 jd kl gen 3 ke 8 jelas jauh gak bisa

      Hapus
  7. gan saya punya pc mobo gigabyte 81915 ber lga 775 apakah work jika di upgrade ke procssor core duo??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk core 2 duo masih menggunakan slot lga775, jadi masih suport. Pake aja yg E8500, biar maksimal

      Hapus
  8. Jd intinya yg gen10 performa g beda jauh sama yg gen8 (versi U) ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda clock speed nya gan.
      Perbedaan performance antar gen tergantung kasta gan (i3, i5, i7)
      Contoh
      i3 gen 10 bisa dibandingin i5 gen 8

      Hapus
  9. nah gan..semisal clockspeed yg i3 gen 10 lbh kecil dibanding i5 gen 8 performa gmn ya?apa ckup signifikan bedanya

    BalasHapus
  10. gan mau naya, kalau core i7 2600 (gen 2) sama core i5 3470 (gen 3),itu kalau buat editing video atau rendering lebih mantap yang mana gan.....tolong di jawab ya...saya mau bangun pc rakitan

    BalasHapus
  11. Artikel terkait https://padukata.com/perkembangan-processor-intel/

    BalasHapus
  12. generasi 9 & 10 udah dirilis dan prediksi namanya bener

    BalasHapus
  13. Balasan
    1. banyak bos. gen2 ada i5 2500. gen 3 ade i5 3470, 3570. searching aja. nama generasinya. contoh. core i5 ivy (untuk gen3)

      Hapus
  14. Bahas yang mulai generasi 1 donk.. pentium 1 aja udah generasi ke-5..

    BalasHapus
  15. Intel Core i5-9600KF Processor in UAE, Desktop Processor in UAE, LGA1151 300 Series Processor in UAE
    https://pcdubai.com/intel-core-i5/
    Intel Core i5-9600KF Processor in UAE, Safe Shopping Multiple Payment Options Express Delivery PC Dubai Moneyback Guarantee.
    1633080213500-8

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular

Cara membuat vektor pada photoshop

Apa itu MUGEN ?