5 Website terbaik untuk belajar Bahasa Pemrograman

Programming atau coding adalah proses pembuatan sebuah program menggunakan bahasa pemrograman komputer. jika anda tertarik mempelajarinya lebih dalam, saat ini sudah banyak website yang memberikan fitur pelatihan programming.

Website tersebut memang sengaja di buat untuk para pemula dan orang yang ingin belajar bahasa pemrograman dari beginner/pemula sampai menjadi expert programmer atau developer.

Dari banyaknya website tempat belajar programming/coding berikut ini daftar 5 website terbaik yang dapat membantu kita mempelajari CSS, HTML, PHP, JavaScript, CSS3, HTML5, Ruby, dan bahasa pemrograman lainnya.

1. Codecademy

Situs  Codecademy  merupakan salah satu situs yang memungkinkan kamu belajar coding secara gratis. Jika kamu ingin tahu, sudah ada lebih dari 24 juta orang yang belajar coding menggunakan situs ini. Di sini, kamu akan diajarkan tentang HTML & CSS, JavaScript, jQuery, PHP, Phyton dan Ruby. Menarik bukan?

2. Coursera

Situs untuk belajar coding secara gratis selanjutnya adalah Coursera. Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2012 silam. Coursera sendiri sudah menjadi sebuah perusahaan di bidang pendidikan teknologi yang menawarkan lebih dari 1000 program dan 119 institusi. Menariknya, selain kamu bisa belajar gratis di situs ini, kamu juga bisa melakukan pembayaran untuk dapat memperoleh sertifikat. Tertarik?

3. edX

edX merupakan salah satu platform online-learning yang cukup terkenal di bidang pendidikan teknologi. Situs ini bersifat open source. Situs ini didirikan pada tahun yang sama dengan Coursera dan dibangun oleh Universitas Harvard dan MIT. Jadi, siapa yang sudah siap belajar coding gratis melalui situs ini?

4. Udemy

Situs Udemy merupakan situs belajar codinggratis yang sudah ada sejak tahun 2010. Dengan membuka situs ini, kamu bisa belajar pemrograman secara cuma-cuma dengan metode yang disajikan melalui tayangan video. Salah satu pembelajaran yang tersedia gratis di sini adalah Programming for Entrepreneurs, HTML & CSS, serta Introduction Pyhton Programming.

5. GitHub

Situs GitHub dapat memungkinkan kamu untuk mencari buku referensi ketika suatu waktu kamu dalam kondisi terdesak. Bahkan, kamu dapat mencari dan menemukan lebih dari 500 buku pemrograman secara gratis yang mencakup lebih dari 80 bahasa pemrograman yang berbeda. Tenang saja, buku-buku yang ada di GitHub selalu  update kok.

Sekian, itulah beberapa web untuk belajar bahasa pemrograman. Selamatt mencoba, semoga anda berhasil membuat program keinginan anda yang dibilang memprogram itu susah.



Penulis : M. Iqbal Wardana

Komentar

Popular

Urutan Generasi Prosesor Intel dan Keterangannya

Cara membuat vektor pada photoshop

Apa itu MUGEN ?