Cara membuat vektor pada photoshop



   Assalamuallaikum Wr. Wb.  Pada kesempatan kali ini kita akan belajar membuat vektor pada salah satu aplikasi design terkenal yaitu PHOTOSHOP. Sebenarnya membuat Vektor tidak hanya pada Photoshop saja, namun pada aplikasi lain seperti Corel draw atau Adobe Ilustrator juga bisa. Namun pada kesempatan kali ini kita akan membuat menggunakan aplikasi Photoshop.


1.      MENYIAPKAN APA YANG DIBUTUHKAN.
Pertama kita harus menyiapkan foto yang akan dibuat Vektor, usahakan foto yang beresolusi tinggi dan tidak buram saaat diperbesar nantinya. Jika resolusi foto yang digunakan kurang tinggi, bisa diatur dengan cara menekan ALT+CTRL+I lalu atur hingga resolusi dirasa sudah cukup. Karena saya suka foto bus, sebagai contoh saya akan menggunakan foto bus.
*Tips: Jangan lupa selalu NEW LAYER pada setiap bagian.

2.      CARA MENGETRACE SETIAP BAGIAN.
Saat mengetrace gunakan tool “PEN Tool” lalu tarik garis sedikit demi sedikit sampai menyambung pada titik awal. Saat berhenti pada satu titik, tekan dan tahan ALT dan klik pada titik terakhir tersebut. Ini digunakan agar garis selanjutnya tidak menekuk mengikuti garis sebelumnya. Selanjutnya klik kanan pada bagian dalam yang ditrace, lalu pilih “Make Selection” lalu ok sehingga akan keluar titik selection seperti gambar dibawah.



  
3.     TRACING BAGIAN DASAR ATAU BAGIAN BESAR.
Trace bagian foto sebagai dasaran atau bagian yang mendominasi foto tersebut, pada foto ini saya akan trace bagian body terlebih dahulu. Usahakan pada bagian dasar menggunakan warna yang cerah agar saat ditimpa warna lain masih terlihat jelas.




4.     LANJUTKAN KE BAGIAN UTAMA YANG LAIN SEPERTI LIST KACA DAN LIVERY.
Pada bagian ini diperlukan sedikit ketelitian terutama pada bagian livery, karena jika tidak mirip aslinya akan terlihat aneh atau kurang pantas. Untuk list kaca jika tidak terlalu terlihat bisa dikira kira seperti aslinya bagaimana.




5.      MEMBUAT LIST BAGASI SPOILER AC ATAS
Karena pada bagian bagasi terlalu rumit dan susah kalian bisa sedikit diimprofisasi sehingga menjadi mudah, meskipun tidak mirip dengan yang di foto yang penting masih menyerupai aslinya. Namun jika bisa diusahakan mirip agar hasil lebih maksimal.




6.      MEBUAT RANGKA CHASSIS DAN DOP BAN.
Bagian ini hanya opsi tambahan jika foto anda terdapat bagian ini. Pada bagian ini dibutuhkan ketelitian yang extra karena bagian chassis yang gelap dan kurang terlihat jelas. Serta Dop atau ring penutup velg yang kadang sedikit ribet karena adanya bagian yang kecil kecil. Jika suah kalian dapat memfariasi sesuka kalian sendiri.




7.      MELENGKAPI BAGIAN SELEDANG, SPION SERTA LAMPU
Jika mengetrace lampu terlalu susah, dapat mengcrop lampu asli lalu ditambahkan sedikit warna. Untuk efek menyala lampu pastikan layer lampu yang dicrop dari gambar asli harus diatas layer lampu yang lain.




8.      MEMBERI BAYANGAN PADA KACA .
Untuk memperindah pada bagian kaca kalian dapat menambahkan bayangan hitam putih atau pemandangan yang dapat kalian karang sendiri. Usahakan bayangan jangan terlalu monoton atau hanya bergaris biasa saja.





9.      PEMBERIAN BAYANGAN BAWAH BUS DAN BACKGROUND.
Pada tahapan terakhir atau finishing ini kita akan menambahkan efek bayangan pada bawah bus. ini juga opsional bisa dibuat atau tidak, tergantung pada kalian dan foto kalian. Untuk background bisa menggunakan background lain atau background asli juga tidak masalah. Yang terpenting hasilnya memuaskan  untuk dipandang .




Sekian tutorial membuat vektor bus kali ini, Selalu semangat untuk membuat suatu karya, jangan menyerah pada percobaan pertama kalian. Karena yang namanya belajar hasil awalnya pasti masih kurang maksimal. Jika kalian terus mengasahnya sampai mahir kalian akan puas dengan hasil jerih payah kalian sendiri. Akhir kata jika ada kesalahan kata maupun kata kata yang kurang sopan, Kurang lebihnya kami minta maaf. Wassalamuallaikum Wr.Wb.


Penulis : Adzin Hanif

Komentar

Popular

Tutorial Membuat Siluet Kepala Rusa