Apa itu Stock ROM dan Custom ROM untuk Android?



Di zaman modern ini, smartphone menjadi alat rumah tangga yang umum digunakan orang dan orang mengandalkan perangkat penyimpanan banyak file, video, foto, email bisnis, dan jenis data. Pengguna yang  perangkat Android tidak dapat berhenti membuat tweak, seperti pemulihan otomatis yang berkedip, memodifikasi sistem, mendapatkan akses root, dan memasang ROM khusus baru. Namun, ketika berbicara dengan seorang pemula, dia bisa dengan mudah membingungkan tentang kata-kata "baru" ini.


1.    Apa itu ROM?

ROM Android disingkat untuk Read Only Memory. Sebuah "ROM" adalah perangkat lunak sistem operasi yang menjalankan Droid Anda. disimpan di bagian “Read Only Memory" dari perangkat keras pada Smartphone dan / atau tablet Android. Android hadir dalam dua bentuk: Stock ROM dan Custom ROM.


2.    Apa itu Stock ROM?

ROM stok adalah yang secara bawaan di ponsel atau tablet Android. Ini adalah versi Android yang disesuaikan yang dikembangkan oleh produsen dan operator untuk memungkinkan pengguna tetap menggunakan perangkat mereka dengan tampilan dan fitur yang unik. Smartphone "out-of-the-box" semuanya dikirim dengan ROM stok.

-          Keuntungan Utama Stock ROM:

Jagalah garansi. ROM stok tidak akan membatalkan garansi Anda atas perangkat Android. Salah satu alasan terbesar mengapa pengguna tidak pergi untuk ROM kustom adalah bahwa rooting akan segera membatalkan garansi Anda. Menginstal ROM kustom perlu mendapatkan akses root. Sebagian besar produsen melarang rooting atau memasang versi Android khusus.

Aplikasi pra-instal, Perangkat Android dengan ROM stok biasanya hadir dengan banyak aplikasi pra-instal. Aplikasi ini terkadang cukup bagus untuk menarik pelanggan seperti pemutar musik, wallpaper hidup, toko aplikasi, kalender, cuaca dan sebagainya. Namun, aplikasi pra-instal ini kadang jarang digunakan oleh pengguna yang disebut bloatwares. Dalam hal itu, keuntungan ini bisa berubah menjadi kerugian.

Fitur Premium. Sama seperti aplikasi pra-instal, Stock ROM juga hadir dengan banyak fitur premium yang tidak tersedia dalam ROM kustom. Fitur ini mencakup layar awal, font, peluncur atau laci aplikasi. Perangkat yang dikembangkan oleh berbagai produsen menghadirkan beragam fitur dan aplikasi premium.


3.     Apa Itu Custom ROM?


Custom ROMs adalah yang disesuaikan atau dikembangkan dari kode sumber asli Android. ROM Kustom tidak disediakan oleh Google atau vendor seluler lainnya namun dikembangkan dan dikelola oleh masyarakat dan kontributornya. ROM Kustom yang dikembangkan berbeda dari kode sumber asli pada fitur dan tampilannya.

-          Keuntungan Utama Custom ROM

Akses root. ROM khusus memberi Anda akses root pada sistem Android Anda. Jika Anda memiliki Android dengan ROM stok dan ingin menyingkirkan ROM saham untuk menikmati kebiasaan itu, pertama Anda perlu mengakar Android Anda. ROM khusus memungkinkan Anda melakukan apapun di ponsel atau tablet Anda.

Update cepat Begitu rilis versi Android terbaru, ROM stok memungkinkan Anda memperbarui ke yang terbaru tanpa menunggu. Stock ROM yang dikendalikan oleh produsen atau operator mungkin tidak menyediakan layanan update ini atau membutuhkan waktu lama untuk melakukannya.

Kinerja yang lebih baik Custom ROM memungkinkan Anda menginstal aplikasi pihak ketiga yang Anda sukai tanpa batasan dan menghapus aplikasi sistem yang tidak dapat dihapus di ROM stok. Itu membuat custom ROM tampil dan berfungsi lebih baik dari stock ROM. Dengan ROM custom, pengguna sendiri bisa menyesuaikan home screen, font, UI, UX, apapun yang mereka inginkan. Pengguna akan menjadi master perangkat Android dengan ROM Kustom.

Apa itu Rooting? Rooting itu bisa dikatakan superuser. Ponsel Android Anda menggunakan izin seperti Linux dan kepemilikan file-sistem. Anda adalah pengguna saat Anda masuk, dan Anda diperbolehkan melakukan hal-hal tertentu berdasarkan izin pengguna Anda. Root juga pengguna. Perbedaannya adalah pengguna root (superuser) memiliki izin untuk melakukan apapun terhadap file manapun di tempat manapun di sistem. Rooting adalah pemalsuan penjara untuk Android, dan memungkinkan pengguna menyelam lebih dalam ke sub-sistem telepon. Jika Anda siap mengganti ROM stok ke ROM khusus sampai Anda mendapatkan akses root.


 Penulis:Ardhi Athallahfi

Komentar

Popular

Tutorial Membuat Siluet Kepala Rusa