Pelatihan Kompetisi #AYOBERUBAH2017 Jawa Timur

Pada tanggal 17 - 21 Juli 2017, kami mengikuti pelatihan Gerakan Nasional Revolusi Mental #AYOBERUBAH2017 yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemenko PMK RI), Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemkominfo). Pelatihan ini diadakan di Hotel Grand Inna Tunjungan, Surabaya.


Disana kami diberi ilmu tentang Revolusi Mental melalui media sosial dan langkah-langkah untuk membuat posting yang baik dan benar. Posting yang baik dan benar, tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan berkonotasi negatif. Pembully-an termasuk  posting yang berkonotasi negatif.

Pembully-an di internet disebut juga dengan Cyberbullying. Didalam posting Cyberbully terdapat beberapa unsur negatif tersebut. Hoax juga termasuk posting berkonotasi negatif. Membohongi publik adalah suatu kriminal besar yang tercantum di Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 pasal 28 tentang Berita Bohong dan SARA.

Yang kita dapat dari seminar ini adalah, bahwa sosial media dikembangkan untuk mendekatkan orang yang jauh, bukan untuk menjauhkan yang dekat.












beberapa foto saat kegiatan

Kegiatan berlangsung kondusif namun seru. Kami dapat berkenalan dengan teman-teman baru dari berbagai kota se-Jatim. Tetapi, teman yang paling akrab dengan kami adalah murid dari SMK PGRI 1 Gresik.





 


Kami sempat bertemu Dr. Sorni Paskah Daeli, M.Si dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI. berbincang dan berfoto sebentar, menanyakan tentang program Revolusi Mental untuk Indonesia yang lebih maju.



tak hanya dapat ilmu saja, kami pun bekerja keras untuk membuat video untuk pelatihan ide kompetisi berikutnya.

alhasil, video suntingan milik Ardhi Athallahfi, salah satu anggota kami, dipilih menjadi video terbaik pertama pada pelatihan ini. simak video-nya:




dengan keberhasilan pelatihan ini, kami menjadi lebih optimis untuk meraih Kompetisi #AyoBerubah2017 yang sebenarnya. untuk sekolah, untuk Indonesia.



ditulis oleh:
-Ardhi Athallahfi
-Yusril Adriansyah Putra.

Komentar

Popular

Urutan Generasi Prosesor Intel dan Keterangannya

Cara membuat vektor pada photoshop

Apa itu MUGEN ?