Cara meng-unzip file



Men-Zip sebuah file memungkinkan ukuran data pada file lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apapun bisa menjadi lebih efisien. Metode men-zip umumnya banyak digunakan saat mengirim lampiran email atau download data pada internet. Namun jika anda ingin memunculkan kembali ukuran asli dari file tersebut anda bisa melakukan langkah-langkah berikut untuk meng-unzip file. Sebenarnya cara meng-unzip file itu mudah tetapi masih banyak orang yang belum tahu caranya. Nah sekarang saya akan meberitahu cara-caranya.

Cara 1 :

1. Pada system XP atau sistem yang lebih baru, mesin Windows Anda memiliki program extractor built-in. Klik kanan pada file zip dan pilih menu  " Extract all". Ini juga akan membuka program extractor built-in.




2. Pilih file yang dituju. Gunakan " browse button" untuk memilih di mana Anda ingin file yang baru diekstrak.


3. Tekan tombol "Extract". Setelah Anda memilih file dan tujuannya, kemudian tekan tombol "Extract".


4. Cari file Anda. Pergi ke folder file yang Anda tentukan pada langkah terakhir dan ambil file Anda yang telah di unzip.

note : cara ini hanya bisa meng-extract file berformat .zip

Cara 2 :

1. Download dan install 7-Zip. Anda bisa download software unzipper lain, tapi saya menyarankan untuk menggunakan 7-Zip, karena mudah digunakan.

2. Buka 7-Zip. Dengan cara Klik dua kali pada file icon 7-Zip.




3. Pilih file yang anda ingin ekstrak ke file normal.


4. Tekan tombol "Extract" di bagian atas.


5. Jendela lain akan muncul, di jendela ini pilih folder yang anda inginkan untuk menempatkan file, dan tekan ok.


Nah begitulah cara meng-unzip file. Sekian materi dari saya, semoga bermanfaat dan terima kasih sudah membaca artikel saya.


PENULIS : M. Nandi

Komentar

Popular

Urutan Generasi Prosesor Intel dan Keterangannya

Cara membuat vektor pada photoshop

Apa itu MUGEN ?