Apa sih RGB dan CMYK itu ?


                Dalam dunia desain tentunya ada bermacam-macam komponen agar desain tersebut dapat menarik dilihat, salah satu komponennya adalah warna. Warna juga dapat mengungkapkan suasana perasaan, sifat, dan watak yang berbeda serta mempunyai variasi yang tidak terbatas. Dalam pengolahan desain terdapat dua macam warna yang paling populer dan menjadi standar internasional, yaitu RGB (Red-Green-Blue) dan CMYK (Cyan-Magenta-Yellow-K yang mewaliki hitam). Kali ini blog kita akan membahas lebih dalam apa itu RGB dan CMYK.


1. RGB
RGB adalah 3 warna dasar (Merah-Hijau-Biru) yang dijadikan patokan universal dan dapat dicampur dengan warna lain agar menjadi warna baru melalui permainan intensitas cahaya. Dengan standar RGB ini, seorang desainer dapat mengatakan warna dengan komposisi angka yang jelas. Mode warna ini biasanya lebih terang dan jelas serta menghasilkan kapasitas file yang lebih kecil.

Warna RGB merupakan model warna yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual. Biasanya RGB digunakan sebagai pewarnaan pada desain yang ditampilkan di layar saja (digital), seperti komputer, laptop, HP, kamera digital. Alasan warna ini digunakan sebagai di tampilan monitor karena warna latar belakang komputer adalah gelap, sehingga 3 warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap.
 
2. CMYK  
CMYK adalah model warna yang biasanya digunakan dalam percetakan berwarna (yang terdiri atas warna Cyan-Magenta-Yellow-Black). Prinsip dasar yang digunakan dalam sistem CMYK ini adalah warna yang ditampilkan merupakan pantulan dari cahaya. Alasan kenapa CMYK lebih digunakan dalam percetakan adalah karena mode warna ini menghasilkan hasil cetakan yang lebih maksimal daripada RGB. Hal itu dapat terjadi karena jumlah warna yang dicampur pada CMYK lebih kaya sehingga dapat memenuhi keragaman warna yang dibutuhkan.

Jadi ketika ingin mencetak desain alangkah baiknya mengkonversi warna RGB ke dalam mode warna CMYK, karena printer dan mesin percetakan hanya mengenal warna CMYK sebagai model warna kalibrasi dari mode warna (kalibrasi merupakan proses pencocokan warna agar semua perangkat pemroses citra atau image menggunakan satu patokan yang serupa). Dibawah ini adalah contoh perbedaan RGB dan CMYK. Memang keda gambar ini hampir sama saja, tetapi jika dilihat lebih detail ada sedikit perbedaan diantara keduanya. 
           
                                          
                                            CMYK                            RGB

Penulis : Refi A.

Komentar

Popular

Tutorial Membuat Siluet Kepala Rusa